Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Chrome
Sering kali saat mengunjungi website dengan CMS Wordpress kita akan mengalami masalah seperti database connection errors, http error 500, blocked ataupun dns probe finished nxdomain. Website tersebut tidak akan bisa dikunjungi meskipun direfresh berkali kali.

Dalam artikel kali ini shalaman.com akan membahas dns_probe_finished_nxdomain dimana sering disebabkan karena masalah pada koneksi internet dan DNS. Solusi untuk mengatasinya cukup mudah. Silahkan coba beberapa langkah di bawah ini! Bisa digunakan di google chrome, mozilla firefox, microsoft edge baik itu di windows komputer ataupun android.


Apa itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN?

Penyebabnya kemungkinan besar adalah salah konfigurasi atau ada error pada pengaturan DNS.

DNS sendiri kependekan dari Domain Name System yang bertugas mengarahkan trafik di internet dengan menghubungkan nama domain dengan server web yang sebenarnya. Bertujuan agar lebih human-friendly, bayangkan lebih mudah mana shalaman.com atau IP address 104.18.56.25?

Ketika seseorang menuju sebuah web, DNS akan mengarahkan nama domain tersebut ke IP address server. Nah jika DNS gagal menerjemahkan nama domain atau IP address maka akan muncul peringatan dns probe finished nxdomain. Untuk lebih jelas bisa ttg DNS, silahkan mencari artikel yang fokus menjelaskan tentang DNS, Sistem Penamaan Domain.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

1. Mengganti IP Address Client (release/ renew)
Error tidak hanya terjadi pada pengaturan server web saja, bisa saja dari DNS si client. Langkah yang sebaiknya dilakukan adalah mengganti IP address.

Langkah pertama yang dilakukan adalah masuk ke CMD

Ketikkan "ipconfig /release". Tujuannya adalah melepas IP address saat ini.
ipconfig release
Ketikkan "ipconfig /flushdns" hingga muncul “Successfully flushed the DNS resolver Cache” jika berhasil.
ipconfig flushdns
Ketikkan "ipconfig /renew" untuk mendapatkan IP address baru.
ipconfig renew
Untuk pengguna modem dengan ISP IP dinamic lebih gampang tinggal diskonek lalu konek lagi.

2. Restart DNS Client Service

Bagi anda pengguna windows, bisa dicoba me-restart servis DNS client.

Pertama kita pencet Windows key + R untuk membuka Run.
Ketikkan "services.msc"

Akan terbuka jendela services, scroll ke bawah untuk mencari "DNS Client". Supaya gampang dalam pencarian, urutkan berdasarkan nama.
Restart DNS Client Service
Klik kanan pada DNS client lalu pilih "restart"

Bagaimana jika menu restart tidak dapat dipilih? Solusinya menggunakan Command Prompt untuk mematikan lalu menghidupkan kembali.

Setelah masuk CMD, ketikkan
net stop dnscache
net start dnscache

Kalau DNS client tetap tidak bisa dimatikan, skip saja cara ini dan coba tips yang lain.

3. Ubah DNS Servers
Secara default pengaturan DNS servers sudah disetting oleh ISP namun kita bisa mengubahnya ke DNS server publik misal saja milik Google ataupun Cloudflare.
  • Sebagian besar dari kita pasti pernah menggunakan DNS google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Banyak yang menyarankan DNS satu ini karena bisa diandalkan untuk jangka panjang.
  • Cloudflare mengklaim bahwa DNS gratis mereka lebih aman dan cepat, 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
Untuk mengubah setting DNS servers, pertama masuk ke Control panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center >> Change Adapter Setting.
Cara mengubah DNS Servers

Akan terbuka jendela Network Connections, klik kanan pada koneksi yang anda gunakan dan pilih properties.
DNS setting Network Connections

Di jendela "Ethernet Properties", scroll ke bawah untuk mencari "Internet Protocol Version 4 (TCP/IP)" lalu klik Properties.
Internet Protocol Version 4 (TCP IP)

Pilih "Use the following DNS server addresses"
Masukkan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 lalu OK.
Menggubah DNS client ke Google Publik Server
Jika ternyata kamu sudah memakai DNS server gratis di atas dan masih error, coba ganti ke default. Kadang bisa juga mengatasi masalah nds probe finished nxdomain.

Kalau di HP Android? 
Cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di android intinya sama dengan pc namun hanya beda langkah. Jika ingin dibantu dengan aplikasi (cara lebih mudah), silahkan menggunakan aplikasi seperti DNS changer, DNSet, Change DNS dll. Banyak kok di playstore pilihannya, aplikasi tersebut juga tidak butuh root.

Kalau ingin manual bisa ikuti tutorial di bawah ini,

Pertama silahkan masuk ke Pengaturan, misal konek Wifi ya pilih Wifi. Klik dan tahan pada jaringan wifi yang sedang tersambung hingga muncul pilihan "Modify Network". Centang bagian "Show advanced option"

Pada bagian "IP settings" ganti dari DHCP ke Static. Tunggu sebentar hingga muncul menu untuk mengubah IP address dan DNS. Silahkan ganti DNS 1 dan DNS 2 dengan DNS servers dari Google atau Cloudflare.

4. Matikan VPN dan Anti Virus
Seringkali VPN ataupun software antivirus konflik/ meng-overwrite pengaturan jaringan anda, termasuk dengan DNS servers. Kalau solusi di atas masih tidak bisa, coba matikan VPN dan antivirus sementara dan lihat efek yang terjadi.

Itulah sedikit sharing pengalaman cara mengatasi DNS_Probe_Finished_Nxdomain yang mudah dilakukan. Dari semua langkah di atas, mengubah DNS server adalah langkah yang paling besar kemungkinan suksesnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel