Format Flashdisk yang Tidak Terbaca di Tape Mobil

Format Flashdisk Untuk Tape Mobil
Beberapa hari yang lalu, entah mengapa flashdisk ku tidak bisa terbaca. Aneh padahal biasanya tinggal tancep langsung muter lagu di dalamnya. Dicoba untuk memutar film di TV pun tidak terdeteksi.  Error?

Langsung nyalain komputer dan cek, ternyata ni flashdisk format nya jadi NFTS bukan FAT32. Aku lupa kemarin abis dipakai untuk install ulang Laptop. Ok simpel, pindahkan file lagu dan format aja ke FAT32 lalu masukkan lagi semua lagu tadi. Dan ruar biasa, pas ditancepin belum juga terdeteksi.

Merenung sejenak, ingat ingat kejadian minggu kemarin pas install ulang. Dan ternyata flashdisk ini tidak terbaca player karena ada di mode GPT. Biar bisa ya harus dibalikin ke mode MBR. Utak utik bentar dan terdengar suara merdu Sheila on 7.


Langkah lengkapnya seperti ini,

Cek File System dari Flashdisk

Tancapkan flashdisk ke komputer, masuk File Explorer lalu klik kanan dan Properties, hasilnya seperti di bawah ini,
format video yang bisa diputar di dvd player melalui flashdisk

Fokus ke file system, kalau tertulis FAT32 berarti formatnya sudah benar. Flashdisk baru ya defaultnya FAT32. Kalau file tidak terbaca oleh player itu kemungkinan besar format file tidak disupport.

File audio yang bisa biasanya disupport itu CDA, MP3, dan WAV. Sedangkan untuk file FLAC masih jarang. Kadang bitrate juga pengaruh, ada player tape mobil lama yang hanya support misal maksimal 128 kbps. Jadi jangan heran kalau punya banyak lagu misal 100 tapi cuma 30 yang keputer, wong formatnya ga disupport 😔

Jenis file video bahkan bisa lebih banyak lagi sebut saja AVI, MP4, FLV, MPEG 1.2, DAT, IFO, QT, VRO, MTS, MOV, MKV, WMV, VOB. Dari semuanya yang paling banyak bisanya itu AVI, MPEG dan FLV. Sayangnya format video yang populer saat ini MP4 dan MKV, kadang tidak bisa diputar di dvd player mobil.

Resolusi video juga bisa menjadi alasan kenapa flashdisk tidak terbaca di head unit mobil. Kalau video beresolusi besar tidak kebaca, coba yang kecil dulu saja misal 720x480.

Solusi untuk masalah ini hanya satu yaitu di Convert ke format yang tepat. Software konverter banyak kok yang gratisan, aku pribadi paling sering pakai "Format Factory".

Ok balik lagi ke Properties tadi, andai file system nya NFTS atau exFAT harus diformat ke FAT32.

Format ke FAT32

Masuk File Explorer, pindahkan semua data dalam flashdisk.

Klik kanan pada flashdisk mu, pilih Format...
Akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini
Cara Format Flashdisk yang Tidak Terbaca di Player
Pilih File system FAT32, defautnya emang ini yang sering dipakai untuk flashdisk. Allocation unit size terserah sih, simpelnya pilih yang default aja.

Jangan lupa beri centang di Quick Format biar cepat. Namun kalau dirasa flashdisk error atau ada virus, sebaiknya jangan dicentang biar lebih proses format lebih bersih.

Kalau sudah pas pengaturannya, tinggal Start dan tunggu proses berjalan

Setelah proses format selesai, masukkan kembali semua file yang tadi dipindah.

Eject dari komputer dan silahkan dicoba dicolokan kembali ke player favoritmu.

Selamat kalau sudah mp3 dapat diputar, kalau masih tidak terdeteksi mungkin ini karena flashdisk anda ada di format GPT yang harus diubah ke MBR.

Kejadian ini bener bener jarang, kecuali sering otak atik komputer 😂.

Mengubah GPT ke MBR tanpa Format

Silahkan download tool gratisan bernama "Minitool Partition Wizard". Install dan buka!
Penampakannya seperti gambar di bawah ini, pastikan fd sudah terpasang.
cara membuat video di flashdisk bisa diputar di cd dvd player
Pada gambar di atas, klik Disk 2 GPT lalu pilih Convert GPT Disk to MBR Disk, lanjut Apply dan tunggu sebentar. Selesai, tinggal cabut flashdisk dan coba lagi di player.

Kalau sampai tahap ini masih tidak bisa, saya angkat tangan. Ini jelas tidak mungkin ada virus, tadi kan semua data sudah dihapus ketika format. Kemungkinannya ya flashdisk error/ rusak. Sekian dulu artikel Format Flashdisk yang Tidak Terbaca di Tape Mobil. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel