Cara Mengunci Jaringan 4G di Huawei Berbagai Tipe

Sedikit cerita tentang pengalaman setting jaringan internet ke LTE Only. Saya adalah pengguna handphone Huawei dengan tipe Y6 II. Walaupun sudah "jadul" tapi masih cukup untuk memenuhi kebutuhan mobile sehari hari (udah hampir 2 tahun lebih dan bakal ku pakai sampai rusak 💪)

Semua berawal ketika kualitas jaringan Tri yang menurun, sinyal stabil di 4G tapi lemoootnya minta ampun. Sering kali jaringan pindah dari 4G ke H+ (kadang 3G) ntar balik lagi 4G, begitu terus. Saat ini terjadi, koneksi internet ga jalan beberapa detik, kalau main game langsung Disconnect.
Cara mengunci jaringan LTE Only



Dari sini muncul keinginan untuk lock LTE Only di Huawei, namun sayang ketika cek di handphone dan tidak ada pilihan untuk itu.

Ok ok, saatnya cari informasi di internet. Ada beberapa hal yang ku coba dari blogger Indo,
  • Katanya disuruh ketik *#*#4636#*#* di dial pad, atau alternatif lain *#*#3646633#*#*

    Untuk huawei bisa ketik ini *#*#6130#*#*, sayang di Y6 II tidak ada pilihan mengunci jaringan 4G. Pengguna Huawei tipe lain bisa dicoba dulu.
  • Download aplikasi di Playstore seperti 4G LTE Switcher, Force LTE Only dll

    Aplikasi ini menawarkan lock jaringan 4g namun sayangnya gagal maning, buang buang kuota dan waktu
  • Konon kata para mastah, solusi untuk memunculkan pengaturan LTE Only bisa dilakukan dengan root. Tetapi tidak kulakukan langkah ini, kurang sreg dengan root. Apalagi beberapa aplikasi tidak bisa terinstall di hp root.
Tak putus asa ku lanjut menjelajah internet, kali ini pencarian di blog english. Biasanya forum luar lebih update masalah ginian, Akhirrrrrnyyaaa ku menemukan solusinya 😎

Infonya di https://forum.xda-developers.com/mate-10/help/force-4g-connectivity-t3734092. Si pembuat thread menggunakan Huawei Mate 10

Langkah langkah Cara lock 4G LTE Only kurang lebih seperti di bawah ini,

1. Pertama silahkan ke Playstore, cari aplikasi bernama "Setting Database Editor"
cara setting 4g only
    Aplikasi ini tidak membutuhkan root, awalnya aku juga sempet ragu. Setelah ku gunakan untuk setting LTE only, langsung cek dengan "Root Checker" dan hasilnya negatif. Handphone belum punya akses ke root. Aman (cek SS)
    Lock 4G Tri
    2. Buka aplikasi tersebut, scroll ke bawah untuk mencari "hw_networkmode_preference".
    Ganti "9,3,2,1" menjadi "9,3,2,1,11". Settingan diurutkan berdasarkan Huruf awal jadi gampang nyarinya.
    cara mengunci jaringan 4g Huawei y6ii
    3. Restart Handphone dan cek pengaturan jaringan, hasilnya SUKSES. Terlihat LTE only di bawah GSM only.
    Cara lock LTE only handphone Huawei

    Setelah disetting LTE Only, kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk menelpon sekalipun untuk *123# melihat sisa kuota. Aneh banget, padahal katanya Huawei y6 ii sudah support VoLTE. Sedangkan untuk sms ke 234 masih bisa.

    Kalau masih gagal langsung ke youtu.be/xFHCuua1-I8. Aku dapat penjelasan lengkap disana, si pembuat video cukup baik menjawab komentar yang diberikan. Tak ada salahnya meninggalkan pertanyaan jika cara di atas tidak berhasil. (Komennya di video youtube itu ya jangan disini, aku juga ga bisa setting database editor 😂)

    Di bagian komentar banyak yang memberikan pernyataan kalau mereka sukses lock 4g terutama pengguna  y5 2017, Y7 prime 2018, Y9 2018, Honor 7x, Nova 2 Lite dll. Sayangnya ada juga yang gagal seperti Honor 9, P9 lite 2016 ataupun P10.
    Peringatan:
    Jangan mengotak ngatik Settingan di Database Editor kecuali anda paham. Tulisan saya di atas cuma sharing pengalaman, boleh coba mengikuti namun resiko ditanggung masing masing. Di Handphone Huawei Y6 II cara lock LTE Only ini 100% sukses. Sudah kupakai lebih dari 5 bulan dan aman aman saja.
    Bagi pengguna Y6ii yang ingin mengembalikan seperti semula, cukup ganti "9,3,2,1,11" jadi "9,3,2,1" lalu restart. Uninstall Setting Database Editor. Biar tidak lupa bisa dicatat angka tersebut atau cukup download video di atas, lebih baik lagi kalau bookmark blog ini.

    Sekian artikel ini, kalau sukses bolehlah meninggalkan komen di bawah. Kalau masih gagal coba cek komentar di video youtube yang sudah saya tulis di atas (Itu bukan channel saya). Terimakasih dan mohon maaf jika ada kesalahan.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel