Cara Kerja di Clickworker dengan Panduan Lengkap

Clickworker adalah adalah perusahan crowdsourcing dari Jerman yang membayar untuk mengerjakan microtask secara Online. Aku pribadi join pertama sekitar akhir tahun 2016, kala itu ada thread di BHW tentang seorang dari India yang mendapatkan penghasilan tambahan 2500$ hanya dalam waktu 1,5 bulan. Wooowww!

Yang pengen join bisa daftar lewat www.clickworker.com


Cara Kerja Clickworker

Task yang diberikan simpel dan tidak membutuhkan skill khusus seperti memberikan rating, survey, pengolahan data, melakukan pencarian online, merekam suara, merekam gerakan tertentu dsb. Data yang terkumpul akan digunakan oleh klien Clickworker untuk mengembangkan project mereka.

Ternyata mencari dollar dengan microjob di Clickworker itu tak semudah perkiraan. Target 2500$ dalam 1,5 bulan itu sangat susah. Sedikit sekali task yang bisa dikerjakan oleh worker dari Indonesia.
Penghasilan Bekerja CLickworker

Update Oktober 2018, Kabar baik! Clickworker sekarang punya task khusus aplikasi yang menyuruh pekerja merekam gerakan tertentu dengan handphone. Untuk itu harus install dulu aplikasi clickworker bisa di android/ iphone.
Clickworker Legit
Sepi JOB, yang Research itu cuma 1 job sedangkan yang ada 1000 job itu setiap pekerja cuma bisa 2x saja
Selain task, ada juga Survey.Tugasnya mengisi survey tentang sebuah produk misal shampo, pembayaran online dsb. Pertanyaannya sederhana seperti menurutmu ini gimana itu gimana, bulan ini beli apa saja. setelah baca iklan ini mau beli atau enggak, mana yang menarik dsb.

Biasanya survey sekitar 10 menit dapat 19 cents, 20 menit dapat 40cents dan ada juga yang 1$ lebih.

Sayangnya banyak yang ga sesuai deskripsi, katanya 10 menit tapi pas ngerjain bisa sampai 30 menit lebih. Rugi banget kan? Apalagi kadang ada yang udah ngerjain 5 menit, eh dieliminasi dengan alasan data tidak cocok/ kuota survey sudah penuh. Inilah kenapa aku males banget disuruh ngisi survey.

Sekarang jalan terbaik untuk mendapatkan uang di Clickworker adalah UHRS Assessment. Untuk bisa bekerja di task UHRS, harus lolos tes-nya dulu. Test yang diberikan adalah tes bahasa Inggris. Untuk lolos harus benar 85% lebih.

Tugas di UHRS ini penghasilannya sekitar 0.02$ - 0.1$, ada beberapa jenis task yang diberikan. Angka 0.02$ memang sangat sedikit tapi pengerjaan task juga butuh waktu sedikit. Dalam sejam worker dapat mengerjakan hingga 150-200 hit. 

FYI, Clickworker mengklaim bahwa rata rata penghasilan dari worker sekitar 9$/jam. Gede ya? Tapi untuk pekerja indo sepertinya susah. Kebanyakan task itu menargetkan pekerja Amerika dan Eropa terutama Jerman (kandang dari Clickworker).

Pengen mengakali Clickworker dengan VPN agar dapat banyak Job? Silahkan dicoba. Aku sendiri tidak bisa melakukan ini.

Update 2019.. UHRS pun mulai sepi..Ku cek forum, banyak yang ngeluh g ada kerjaan! Task yang ada cuma rekam binatang peliharaan, lumayan sih buat tambahan.. Kalau ga punya hewan peliharaan tinggal pinjam punya tetangga.. 😂

Clickworker Legit? Terbukti Membayar?

Clickworker memiliki support yang baik, mereka menjawab pertanyaan kita dengan cepat. Bisa dihubungi lewat help@clickworker.com, forum, reddit, fanspage dan grup facebook.

Untuk pembayaran dilakukan tiap hari rabu - jumat waktu server jika payable balance sudah melebihi minimun pembayaran (untuk paypal 5 Euro). Pastikan akun paypal yang digunakan sudah terverifikasi. Aku biasanya dibayar di rabu sore atau kamis pagi. 

Satu hal yang perlu diingat! Setelah kita melakukan task, uang hasil kerja tersebut tidak langsung bisa diambil. Coba lihat gambar di bawah, yang bisa diambil itu yang payable bukan account balance.
Review Clickworker UHRS
Uang hasil dari task Clickworker akan jadi payable setelah 7 hari (lihat yang research:look for a term bla bla) sedangkan hasil UHRS bisa diambil setelah 21 hari (lihat compare web search result).

Gambar di bawah adalah bukti pembayaran clickworker,
Bukti Pembayaran Clickworker
Recehan gratis 😬

Bagi yang pengen kerja di clickworker lewat bisa daftar lewat CLICKWORKER. Kalau ada yang kurang jelas, boleh bertanya dengan komen di bawah, aku bantu sampai setidaknya dapat 10 Euro pertama. Asal daftar lewat link referral ku di atas 🙏

Ohya, di bawah ini adalah link thread punya orang India yang katanya dapat 2500$ dalam 1,5 bulan tadi, https://www.blackhatworld.com/seo/method-how-to-earn-5-10-50-per-day.831642/

Berapa Penghasilan Bekerja di Clickworker?

Tidak pasti, hasil yang dapat tergantung pada kemampuan pekerja. Banyak sekali task yang dinilai benar atau salahnya. Jika kerjaan dinilai jelek, baru 5-6 hits bisa diberhentikan (langsung dikeluarkan paksa meskipun kerjaan masih banyak).

Bagi mereka yang rajin mengecek dashboard dan cerdik dalam menjawab setiap task, tidak mustahil untuk mendapatkan setidaknya 100$ per bulan. Rajin rajin saja mengecek dashboard clickworker sekaligus marketplace UHRS.

Yang paling berpotensi menghasilkan uang jelas si UHRS, sering ada task dengan total 8000 hits dengan bayaran 0.05$. Misal saja bisa menyelesaikan 500 hits perminggu, sebulan 2000 hits. Totalnya sudah 100$.

Aku pribadi sejak Juli 2018 sampai Nov 2018 cuma dapat 175 Euro, rata rata 35 Euro/bulan. Karena memang hanya buka clickworker sesekali, task UHRS pun jarang mengerjakan.
Bukti Pembayaran Clickworker Indonesia

Cara Mengerjakan Hitapp di UHRS Assessment

INGAT BACA BAGIAN UHRS INI JIKA SUDAH LOLOS TES AWAL
Setelah lolos tes dan login UHRS selanjutnya memilih hitapp yang ingin dikerjakan. Jangan lupa download dan baca file pdf dari clickworker yang berjudul “A-GUIDE-TO-UHRS”. Hukumnya WAJIB karena isinya sangat PENTING.

Mampir juga ke reddit.com/UHRSwork ataupun forum clickworker untuk mencari info tentang cara kerja UHRS.

Pastinya banyak yang bertanya bagaimana sih cara terbaik bekerja di UHRS dari awal hingga dapat bayaran. Berikut ini langkah langkah yang aku lakukan,

1. Baca Guideline
Ketika melihat adanya hits, langkah pertama adalah mendownload "guideline". Setelah itu baca seluruh petunjuk yang diberikan, tidak harus paham 100%. Memang sulit memahami apa yang diinginkan oleh UHRS kalau cuma baca, perlu praktek supaya lebih jelas.

2. Preview and Training
Masuk ke preview, silahkan mencoba mengerjakan beberapa hits yang ada. Gunakan ilmu dari guideline tadi, tidak perlu khawatir jawaban salah.

Setiap kali melakukan submit jawaban, sistem akan menunjukkan benar/ salah beserta alasannya. Nah pahamilah alasan alasan tersebut, mengapa ini begini itu begitu.

Sikat semua pertanyaan di preview, kalau ada training ya coba training (sebagian UHRS tidak ada training).

3. Qualification
Saatnya qualification, ada beberapa kesempatan untuk ini (antara 1 - 3 kali saja). Sebelumnya buka lagi file guideline yang telah terdownload tadi, jika kesulitan bisa baca kembali. Ga masalah kok melihat guideline saat proses kualifikasi.

Setelah benar benar yakin, klik qualification. Kali ini harus menjawab dengan hati hati.

Untuk lolos, jawaban harus benar sekitar 80%++ atau benar 8 dari 10.

Kalau gagal, coba ingat ingat mengapa tadi salah ketika menjawab. Jadikan pengalaman pertama ini untuk lolos di kesempatan kedua.

4. Tips Mengerjakan HitApp
Setelah sukses, tombol "Start Judging" berubah menjadi hitam dan bisa diklik. Saatnya bekerja! Jawab saja semua hits berdasarkan ilmu dalam guideline.

Walaupun benar atau salah tetap dibayar. Perlu diingat semua kerjaan akan selalu dicatat oleh sistem. Sering seringlah cek laporan, seperti gambar di bawah ini,
Cara Mendapatkan Dollar di UHRS Clickworker
Hasilnya lumayan, dengan total Judging Hour 2 jam 45 menit, aku dapat 10.83$

Pekerja yang sering salah saat menjawab hits akan diperingatkan. Dia diberhentikan sementara, hitApp akan menghilang di marketplace UHRS. Namun besoknya muncul lagi jika masih ada hits yang tersisa.

Kalau setelah itu kena peringatan lagi, yang berarti sudah mendapatkan peringatan 2x (dalam 1 minggu) maka pekerja akan dibanned dari HitApp tersebut.

Yang masih misteri adalah mengapa peringatan itu muncul? Patokannya apa? Apakah spam accuracy yang mempengaruhi? Atau mungkin karena kita terlalu cepat dalam mengerjakan.

Mencoba Analisa
Di beberapa pertanyaan, setelah submit akan muncul jendela notifikasi benar/salah jawaban yang kita piluh (sama seperti di preview). Hits tersebut sering disebut dengan nama "spam hits". Ada juga spam hits yang tidak memberikan peringatan.

Kalau berhasil menjawab spam hits dengan benar 2x berturut turut, bolehlah digas terus. Namun jika salah 2x berturut turut, lebih baik berhenti saja dulu. Salah lagi kemungkinan besar muncul peringatan pertama.

Menurutku, kunci mengurangi banned HitApps di UHRS adalah menjawab spam hits dengan benar.

Cara membedakan spam hits dengan yang biasa itu bagaimana?

Spam hits selalu memberikan feel yang beda. Dia beda dengan hits yang lainnya dan lebih mirip dengan yang di preview. Tingkat kesulitannya mudah namun kalau tidak hati hati ya bisa salah.

Saat ketemu spam hits harus dipikir baik baik, kalau ada keraguan mending tutup saja HitApp-nya. Balik lagi sejam, seharusnya hitsnya udah berubah. Tapi biasanya setelah 4-5 hits, spam hits tadi muncul lagi. 👿

HitApp ini dibuat manusia, sering kali jawabanku seharusnya benar (aku yakin banget) namun mereka menyebutnya salah. Kalau ini terjadi kita bisa mengirimkan laporan dengan tombol di kanan atas. Asal alasan kita benar pasti bisa dipertimbangkan lagi.

Sampai saat ini aku telah dibanned oleh beberapa jenis Hitapps (seingatku 2). Sayang sekali kan padahal udah mengerjakan lebih dari 100x. Di saat udah mulai ngerti bagaimana cara mengerjakan yang benar, eh malah ilang semua 😒

Alternatif Clickworker

Saat ini kerjaan memang sepi, jadi tidak ada salahnya kalau kita mencoba mencari situs lain yang mirip dengan clickworker. Banyak kok situs yang menawarkan microjobs di luar sana.

1. Figure Eight
Dulunya disebut Crowdflower, kita bisa mengerjakan mini jobs di platform ini setelah join di situs Neobux atau Clixsense.

Sayang tasknya memiliki bayaran yang sangat kecil, bayangkan ada task yang butuh waktu 10 menit namun hanya dibayar 7 cents. Ada juga yang 3 menit 0.75 cents. Ohya, task ini untuk pekerja level 0.

Memang di Figure Eight ada level pekerja yaitu 0, 1, 2, 3. Task yang bayarannya besar cuma ada di level atas. Untuk naik level 1 kita harus bekerja dengan baik dari level 0, begitu seterusnya. Aku dulu pernah kerja di sini (tahun 2014) namun sekarang berhenti karena level turun.

2. Appen
Situs ini menawarkan kita untuk bekerja secara kontrak. Ketika sudah join dan lolos, pekerja harus meluangkan waktu tiap minggu sesuai yang disepakati. Konon bayarannya lumayan, 1 jam dihargai 5$.

Kerjaan di Appen untuk Indonesia, ada yang penerjemah atau evaluator. Aku sudah join situs ini namun belum ada email panggilan. Sepertinya mereka lebih mengutamakan mereka yang berpendidikan sarjana atau masih menempuh pendidikan sarjana.

3. Projects.co.id
Nah situs ini direkomendasikan seorang teman, katanya sih di 2019 ini sudah banyak pilihan kerjaan remote yang bisa diambil. Dalam satu waktu temenku tsb mengambil 4-5 project, dia nyari yang bayaran 1 juta kebawah karena requirement dan pesaing yang lebih mudah.

Jangan pesimis dulu meskipun tidak bisa programming, desain, robotic dll. Cek di Browse Project, ada beberapa kategori yang tidak butuh keahlian khusus.
  • data entry and data mining, cari yang memasukkan data produk ke website.
  • audio video and photography. kebanyakan sih editing video tapi ada juga disuruh foto produk atau dubbing.
  • accounting and consultancy. kadang ada lowongan admin OLshop.
  • internet marketing and social media. banyak lowongan copywriting, jasa pembuatan akun ataupun posting.
  • writing and translation. yang paling gampang karena kita biasanya disuruh nulis artikel untuk website. sayang bayarannya sedikit di bawah standar (menurutku).
  • other
Intinya lihat satu-satu project yang keliatannya gampang, cari yang sesuai dengan kemampuan dan pertimbangkan bayaran yang akan didapatkan.

Situs lain seperti Fiverr, Picoworker, MTurk dll.. Kalau ada yang punya pengalaman microjobs atau tahu situs lainnya. Boleh berkomentar di bawah! Terimakasih!

Itulah Panduan bagaimana cara kerja clickworker sekaligus bukti pembayaran. Jadi bisa disimpulkan bahwa bekerja di clickworker lebih cocok sebagai penghasilan tambahan. Kalau sebagai pekerjaan utama jelas tidak bisa karena task yang tidak menentu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel