Review AdNow sebagai Alternatif Google Adsense

Review AdNow ini saya tulis setelah mendapatkan pembayaran untuk pertama kalinya pada bulan Oktober 2016. Sebenarnya saya sudah mengenal ads network ini sejak Maret 2016 namun baru serius memasangnya di akhir Agustus 2016.

AdNow adalah jaringan periklanan yang menawarkan widget berbasis native ads kepada Publisher untuk dipasang pada situs mereka. Saat ini ada sekitar 150.000 orang dari 107 negara yang terdaftar sebagai publisher. Setiap harinya iklan AdNow ditampilkan sebanyak 140.000.000 kali. Luar biasaaa kan?
Review AdNow Advertising


Apa itu Native Ads?

Native ads adalah iklan yang ditampilkan dalam widget, bisa berbentuk artikel, gambar (infografis), video, audio dan kombinasinya. Konten yang disajikan dibuat senatural dan semirip mungkin dengan konten utama dari situs sehingga tidak mengganggu kenyamanan pembaca.

Sebagai seorang publisher, kita bisa menjadikan AdNow yang merupakan salah satu jaringan Native ads sebagai alternatif dari google adsense. Seperti kita ketahui sekarang para pengunjung mulai "melek iklan atau ads blindless", hasilnya mereka langsung mengabaikan iklan yang muncul (terutama di sidebar dan header). Maka jangan heran jika jumlah klik AdSense makin sedikit dan makin banyak yang memasang ads blocker.

Boleh dibilang Native Advertising adalah senjata yang bisa dijadikan pilihan untuk memerangi kewaspadaan pengguna terhadap iklan yang muncul di website. Native Ads bertujuan memberikan konten berisi informasi bukan langsung menjual produk. Hasilnya positif, pengunjung tidak akan ragu untuk meng-klik untuk sekedar membaca sebentar. Seperti kita ketahui kebanyakan pengguna internet itu mencari hiburan ataupun informasi terupdate.

Pada tahun 2016 ini banyak jaringan periklanan model Native Advertising yang mulai melirik pasar Indonesia, salah satunya AdNow. Mereka berlomba-lomba mencari publisher, tidak jarang para manager langsung menghubungi pemilik website untuk menawarkan iklannya. Sayangnya tidak ada satupun yang PM saya :(

Review AdNow Advertising

Sampai sekarang mendaftar menjadi publisher di AdNow itu masih sangat mudah, tidak perlu trafik tinggi ataupun website berkualitas super. Saya pribadi telah mencoba menggunakan website dengan platform blogspot yang dicustom tld .xyz, pengunjungnya hanya sekitar 500 per hari dan hasilnya diterima. Asik nih bisa jadi alternatif bagi yang gagal daftar google adsense.

AdNow bekerja dalam dua pilihan yaitu:
  • Modul CPC, pembayaran diberikan untuk tiap klik
  • Modul CPM, pembayaran diberikan untuk seribu kali tayang
AdNow sendiri menjanjikan CPM 0.1 sampai 2 USD tergantung niche dan negara.

Sistem yang ditawarkan jika anda mendaftar langsung di website AdNow adalah PPC. Saya telah mencoba ini dan hasilnya kurang bagus yaitu sekitar 0.01/ klik bahkan kadang kurang dari itu. Sisi baiknya CTR/ jumlah klik cukup bagus sekitar 3 dari 100 (3%), hasilnya saya bisa memperoleh sekitar 0.20 sampai 0.35 USD per seribu tayangan (eCPM).
 
Konon jika kita mendapatkan penawaran langsung dari manager AdNow maka bisa menggunakan sistem pembayaran CPM. Mereka berani membayar dimuka untuk 1 juta impressi. Katanya model CPM ini memberikan bayaran yang lebih baik. Sayangnya website harus bertrafik besar untuk bergabung.

Satu hal yang sangat saya sukai, si AdNow ini aman dipasang berduet dengan Google Adsense. Hasilnya pendapatan sedikit meningkat dibandingkan dulu, meskipun belum bisa membuat saya menjadi kaya seperti Mas Dian Tegal.

Minimal Payoutnya hanya 20$ lewat Paypal, e-Payments dan webmoney. Sistem pembayarannya adalah Net 7 yang artinya dibayar sekitar 7 hari setelah melebihi Payment threshold. Benarkah demikian? Simak kisah saya di bawah ini!

Pembayaran AdNow kok Lama?

Setelah memasang iklan AdNow di salah satu blog, saldo saya mencapai 20$ pada hari Idul Adha 2016. Metode pembayaran sudah saya setting menggunakan paypal dan payment thresholdnya hanya 20$. Harusnya tinggal menghitung hari jika benar sistem net 7. Banyak yang bilang kita akan mendapatkan pembayaran AdNow sekitar 1 sampai 2 minggu saja. Namun pada kasus saya tidak demikian, sampai 1 Oktober bayaran belum dikirim. Kalau disambi mengerami telur ayam pasti sudah netas, 21 hari bos.

Hampir tiga minggu tidak ada kabar, akhirnya saya putuskan untuk mengirimkan tiket yang berisi pertanyaan tentang pembayaran AdNow yang sangat lama. Dua hari setelah tiket terkirim akhirnya saya mendapat balasan yang menyatakan bahwa "I have submitted your payment to the waiting list today, will be processed soon". Jujur antara senang karena akan mendapatkan bayaran dan jengkel karena tau kenyataan bahwa selama 3 minggu ini bayaranku bahkan belum masuk daftar tunggu.

Penantian tidak sia-sia, 3 hari setelah masuk waiting list akhirnya bayaran AdNow mendarat di Paypal dengan selamat. Nih SS nya.
Pembayaran AdNow Legit
Lumayan beli pulsa buat Mama. Kasihan biar ga kirim sms minta pulsa mulu
Bagi teman-teman yang belum mendapatkan bayaran pertama AdNow meskipun telah mengatur metode pembayaran, saya sarankan untuk mengecek Payment History dengan meng-klik balance. Pastikan bahwa ada transaksi meskipun statusnya "waiting for payment"
Setting Pembayaran AdNow
Akhirnya status berubah dari waiting jadi paid, walaupun butuh waktu yang lumayan
Kemarin saya sempat bertanya pada sang manager di Ads.Id, perihal pembayaran yang tidak otomatis ini. Inti jawabannya adalah sebagian besar pembayaran dilakukan otomatis namun sebagian lagi tidak (terutama pembayaran pertama). Para teknisi akan mengecek kualitas trafik terlebih dahulu, setelah disetujui barulah bagian finasial akan melakukan pembayaran. Disarankan mengirimkan tiket untuk memastikannya.

Update Desember 2016:
Setelah beberapa bulan mencoba Adnow ternyata untuk pembayaran harus kirim tiket terlebih dahulu. Entah ada apa dengan sistem pembayaran otomatisnya

Update September 2017:
Beberapa bulan belakangan pembayaran otomatis... masuk waiting list ketika sudah mencapai batas yang kita tentukan.

Banyak juga lho publisher yang semua pendapatannya dicancel dan tidak dibayar akibat kualitas trafik yang buruk ataupun klik yang mencurigakan. Sama halnya dengan AdSense, AdNow juga berusaha menciptakan sistem yang baik agar pihak Advertiser dan Publisher sama-sama diuntungkan. Jadi selalu pertahankan kejujuran dan tingkatkan selalu kualitas website teman-teman.

Dari pengalaman saya mencoba periklanan AdNow, bisa menarik kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangannya,

Kelebihan:
  • Pendaftaran mudah bahkan AdNow menerima website dengan visitor rendah dari Indonesia
  • Dapat dikombinasikan dengan Ad Network lain seperti AdSense
  • Merupakan Native Ads yang terlihat menyatu dengan konten
    Kita bisa setting ukuran dan jumlah iklan per widget.
  • Minimal pembayaran hanya 20$
  • Statistik disajikan Real Time
  • Ada manager yang melayani publisher dan berbicara dengan Bahasa Indonesia
Kekurangan:
  • Pendapatan masih di bawah Adsense
  • Iklan yang muncul itu itu saja, kadang tidak sesuai niche
  • Pembayaran tidak otomatis, harus kirim tiket terlebih dahulu (sekarang sudah auto)

Cara Meningkatkan Pendapatan AdNow

Pada beberapa situs mungkin dollar yang dihasilkan dari iklan AdNow itu tidak banyak. Hal ini wajar karena nilai iklan yang muncul juga tergantung niche dan target negara. Belum lagi pengiklannya sekarang (sep 2016) hanya sekitar 1.700, jadi jangan heran jika iklannya itu itu saja yang kadang tidak sesuai dengan konten blog anda.

Sama halnya dengan jaringan iklan lainnya, dalam AdNow kita harus mempertimbangkan penempatan iklan untuk mendapatkan jumlah klik yang banyak. Karena semakin banyak orang meng-klik maka semakin banyak dollar yang akan didapatkan dan sebaliknya.

Saya sedikit melakukan percobaan dengan memindah-mindah letak iklan, slot terbaik untuk mendapatkan klik adalah tepat di bawah artikel. Pada slot ini, iklan yang berjenis Native Ads akan terlihat mirip dengan Artikel Terkait. Disarankan untuk membuat 2 baris dengan 4 gambar per baris, kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
Pengaturan Iklan AdNow
Slot iklan ini paling ampuh meningkatkan pendapatan AdNow, Trust Me!
Tempat lain yang disarankan adalah sidebar, slot ini cocok sekali jika kebanyakan pengunjung website adalah pengguna PC. Jangan malas melakukan percobaan untuk mendapatkan hasil terbaik. Tiap blog itu beda, anda harus mencoba sendiri.

Oh ya saat mengatur widget kita bisa memilih Show ads with er*tic images, Show ads with shocking images dan Show animated ads. Saya yakin sebagian dari kita akan ragu untuk menunjukan gambar yang kurang pantas, selain dosa juga beresiko banned AdSense jika anda menduetkannya. Tapi faktanya pendapatan dengan menampilkan iklan berbau p*rno tersebut lebih menghasilkan lo!

Statistiknya disajikan pada gambar di bawah ini dimana pada 4 Oktober saya centang Show ads with er*tic images dan tanggal 5 saya hilangkan centangnya. Dengan page views yang sama, terlihat perbedaannya pendapatan mencapai 6 banding 1. Sebenarnya dari nilai CPC tidak ada perubahan tapi CTR meningkat drastis.
Cara Meningkatkan Pendapatan AdNow
Lihatlah perbedaannya!

Kombinasi Adsense dan AdNow

Seperti yang saya tulis pada bagian kelebihan, kombinasi adsense dan AdNow bisa digunakan untuk sedikit mengenjot pendapatan kita. Saya melakukan sedikit coba-coba pada salah satu website saya yang bertrafik sekitar 3000 sampai 4000 page views/day, target masih Indonesia.

Saya gunakan iklan 1 baris 4 kolom tanpa er*tic ads dan diletakkan tepat di bawah artikel sehingga mirip dengan related post. Dulunya slot ini saya gunakan untuk iklan responsive Adsense yang bisa dibilang "kurang menghasilkan" jika dibandingkan iklan yang saya pasang di awal ataupun tengah artikel.

Tak perlu banyak bicara biarlah gambar di bawah ini yang menjelaskannya,
Iklan PCC yang digabung dengan Google AdSense
Ini statistik dari iklan Google Adsense yang di bawah artikel, total pendapat ada di paling kanan.
Kombinasi AdNow dengan AdSense
Ini statistik dari iklan AdNow, total pendapatan ada di kolom kedua dari kanan. Terlihat perbedaannya kan?
Bagaimana dengan pendapatan total, apakah ada perubahan?

Jawabannya ada, hasilnya lumayan buat beli kuota.

Ketika saya memasang 3 slot iklan adsense, hasilnya dalam sehari bisa mendapatkan 1.10 sampai 1.7 dollar. Hasil yang cukup memprihatinkan untuk page views 3000 - 4000 per hari.

Setelah mencoba menggabungkan Adnow dengan Adsense hasilnya lebih bagus, 2 slot iklan adsense menghasilkan 0.7 sampai 1.3 dollar sedangkan penghasilan iklan AdNow seperti pada gambar di atas sekitar 0.6 sampai 1.2 dollar. Total pendapatan saya jelas meningkat.

Buat anda tertarik bergabung dengan AdNow, silahkan mendaftar dengan melalui link referral saya ini. Kalau anda memiliki pertanyaan silahkan berkomentar di akhir artikel.

Itulah sedikit tentang Review AdNow, sebuah jaringan periklanan yang bisa dijadikan alternatif ataupun dipasang bareng dengan Google Adsense. Jika ada teman-teman yang pernah mencoba AdNow terutama yang mendapatkan penawaran langsung dari manager, jangan ragu untuk berbagi pengalamannya di kolom komentar. Terima kasih sebelumnya!

6 Komentar untuk "Review AdNow sebagai Alternatif Google Adsense"

  1. untuk blog dengan pengunjung 100 visitor perhari, bisa daftar n diterima juga gan???...pengin nyoba nih gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja, silahkan dicoba!
      tapi kalau cuma 100 nanti hasilnya minim banget..
      Sebaiknya digenjot dulu jumlah pengunjungnya mas...

      Hapus
  2. gan, tahu sebabnya ngga...website sudah aktiv tapi pas mau menambahkan widget ngga mau muncul..baik kode ataupun previewnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah koneksi mungkin.. atau ga server adnownya..
      Coba lain waktu pasti bisa :D

      Hapus
  3. Mantap..
    Saya baru 0.1 $ .
    Gimana cara nya naikin view

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naikin view harus menambah jumlah artikel bermanfaat di blog.. sering share di sosmed!

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel