Pengalaman Pertama Pembayaran Google Adsense Melalui Western Union

Pengalaman Pertama Pembayaran Google Adsense Melalui Western Union

Pembayaran Google Adsense yang pertama baru aku dapatkan di bulan April 2016, hampir setahun terhitung dari pertama kali mengenal blogging setelah melihat tumpukan duit di atas meja milik Mas Dian Tegal.

Sekitar tanggal 2 April 2016 saldo dollar sudah masuk ke current balance, sekitar 119$. Tinggal menunggu uang dikirim, kata para mastah waktu pembayaran google adsense itu tanggal 21-23 dan dikirim tiap bulan.

Cara Setting Pembayaran Google Adsense Tanpa Last Name

Segera ku setting pembayaran google adsense saat itu juga,
klik Icon Gear di pojok kanan >> pilih Payments >> Pilih Tab Payments Setting.

Isikan data tentang Metode pembayaran yang diinginkan,

Ada 3 pilihan
  • Check
  • Wire
  • Western Union
Dari ketiga pilihan ini menurutku paling enak Western Union (WU), simpel aja tidak perlu punya rekening bank ataupun setting neko neko. Apalagi sekarang banyak tempat yang melayani pengambilan uang western union bahkan di daerah pelosok mulai dari kantor pos, kantor pegadaian, indomaret dan banyak bank kecil lainnya.
Pembayaran Google Adsense Melalui Western Union

Tak kusangka keputusan ku memakai identitas ibu sebagai profil akun adsense sekaligus pembayaran western union memberikan pengalaman unik nan ribet saat mencairkan uang google adsense.

Sebenarnya maksudku memakai nama ibu biar lebih berkah. Alasan lain adalah sebagai pembuktian ke orang tua kalau menjadi Blogger pun bisa mendapatkan banyak uang.

Saat mensetting payment method western union ada dua kolom yang harus diisi, kolom pertama adalah First Name dan yang kedua Last Name. Padahal nama ibu hanya 1 suku kata saja, muncul kegalauan dan pertanyaan "Bagaimana cara mengambil uang GA kalau tidak punya nama belakang?"

Iseng-iseng saya bertanya pada mbak Indri Lidiawati, ternyata orangnya baik menjelaskan untuk menuliskan no last name di kolom Last Name. Langsung ku tulis begitu, setting selesai, hasilnya NAMAIBU no last name. Terlihat agak aneh tapi saya mah ngikut aja petuah dari bu Juragan Cipir.

Oh ya jangan memasukkan gelar atau julukan seperti Bapak, Ibu, Mr, Mrs, Bung sebagai pengisi first nama/last name karena WU tidak menerimanya. Mungkin saat pertama kali mereka akan memaklumi tapi sebaiknya hindari penggunaan julukan ini.

Automatic Payment Pending, Why?

Skip ke waktu pembayaran google adsense, pagi hari di tanggal 22 April hari Jum'at. Ku buka Facebook langsung terlihat status Mas Dian Tegal, banyak yang komen tentang Selamat Hari Karung Nasional. Sambil senyum senyum berkata dalam hati "Sudah gajiankah?", langsung cek ke akun GA ku. Ada tulisan saldo sent on 22 April 2016, uyeaaaahh gaji pertama.

Cek di View Payment, tertulis "Automatic payment pending: Western Union blabla". Wah masih pending, mungkin besok landingnya, begitu yang ku pikirkan. Tapi ternyata banyak pemain lama yang bingung dengan status pending ini, terbukti mereka cukup heboh di grup facebook, ads.id ataupun forum product google.

Kepanikan ini disebabkan biasanya Google memberi tulisan "Payment in Progress (PIP)" bukan Automatic payment pending, dimana MTCN WU akan keluar dalam beberapa jam ke depan.

Jawaban yang jelas di berikan oleh Kukana di forum google.. Mulai bulan April 2016 memang ada aturan baru dari Google, Automatic payment pending digunakan untuk menggantikan Payment in Progress.

Perubahan ini dilakukan google karena publisher yang menganggap kalimat payment in progress artinya pembayaran sedang dilakukan. Banyak dari mereka yang berasumsi pembayaran sudah diproses dan akan datang dengan cepat padahal kadang kita perlu menunggu beberapa hari sampai pembayaran google adsense tuntas. Telat sedikit saja pasti mereka akan protes.

Oleh karena itu penggunaan kata payment pending dirasa lebih tepat untuk menggambarkan proses pembayaran yang belum terselesaikan, masih tertunda menunggu antrian untuk menyelesaikannya. Diharapkan publisher lebih sabar menunggu gajian tiap bulannya.

Cara Mengambil Uang di Western Union

Tiap kali online segera ku cek akun GA untuk melihat status pembayaran tapi sayangnya tidak ada perubahan. Pemberitahuan payment pending sudah muncul sejak jam 6 pagi dan akhirnya berubah menjadi issued sekitar jam 3-an sore.

Setelah muncul Payment Issued (PI), dengan semangat ku pergi ke kantor pos. Ku bawa syarat-syarat yang tertera di Payment Receipt. Walaupun nominalnya hanya sedikit (tak jauh dari minimal penarikan uang) tapi hari itu sangat sangat membahagiakan karena ini gaji pertama dari Google Adsense.

Data yang harus anda ketahui sebelum mencairkan uang google adsense via Western Union.
  • Jumlah uang yang dikirimkan
  • Money Transfer Control Number (MTCN)
  • Nama pengirim
  • Bawalah kartu Identitas
Langsung saja ku bawa KTP ibu dan screenshoot dari Payment Receipt tadi.
Cara Pembayaran Google Adsense Melalui Western Union
Sampai ke kantor pos sekitar jam 4 sore dan..................... sudah TUTUP. Ah kampretttt! Kantor pos tersebut adalah cabang Kecamatan dan hari itu Jum'at maka tidak heran kalau tutup lebih awal.

Pulang lagi dengan tangan hampa, langsung cek di google.co.id dimanakah lokasi agen WU lainnya yang ada di daerahku. Ternyata yang dekat cuma ada di bank JATIM, BPR, Kantor Pos dan Pegadaian, jam empat sore pasti sudah tutup semua. Untuk Indomaret yang melayani WU, letaknya cukup jauh karena kebetulan rumahku di kota kecil. Ku putuskan untuk besok saja mengambilnya.

Pagi hari tanggal 23 April, berangkat jam 7.35 dan sampai sana kepagian. Para petugas termasuk siswi SMK yang magang masih mempersiapkan segala kebutuhan kantor pos.

Ku datangi petugas yang duduk di dekat label Western Union. Dan katanya ternyata yang mengambil uang lewat WU haruslah si penerima, ya ibuku. Kalau ingin diwakilkan harus pakai surat bermaterai. Dari pada ribet, langsung gas ke tempat fotocopy dan pulang ke rumah untuk menjemput ibu. Balik lagi ke kantor pos.

Semua formulir membuat akun WU sudah disiapkan oleh si SMK magang. Data yang perlu diisi ya mirip mirip dengan buka rekening bank, terakhir disuruh cap 3 jari (kaya kita pas legalisir Ijasah sekolah). Oh ya, mereka juga meminta data nama ibu dari penerima uang, otomatis nama nenekku.

Mengambil Uang Melalui Western Union
Gambar di atas adalah contoh untuk mengisi nama pengirim yaitu Google Asia Pacific PTE LTD, 8 Marina View, Asia Square 1, Singapore 

Terakhir bapak WU meminta data pengiriman uangnya, simpelnya ku perlihatkan screenshoot payment receipt dari pembayaran google adsense. Terlihat dia menginputkan data nomor MTCN sambil sesekali bertanya perihal pengiriman tersebut. Akhirnya uang dari Google Adsense ada di tangan 119.58 USD itu sekitar 1.574.200 IDR, memang sedikit tapi buatku ini sangat berharga.

Sebelum pulang, si bapak mengingatkan selanjutnya cukup bawa KTP asli + 1 lembar fotocopy dan mengisikan data penerima sesuai KTP, nomor hp, nama pengirim, MTCN dan jumlah uang yang dikirim di formulir.

Aku dan ibu mengiyakan, sebelum pulang mampir makan bakso dulu pakai gaji pertama 😎

Mungkin itulah pengalaman pertama saya mengambil uang google adsense via Western Union. Kalau teman-teman pengen berbagi pengalaman unik tentang pembayaran google adsense, silahkan tulis di kolom komentar. Salam Nubie!

3 komentar

  1. selamat ya
    baksonya kok ga nyampe sini ya?
    hehe
    ngomong-ngomong berapa lama sampe bisa gajian pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan..

      Aku pertama ngeblog April 2015..
      Dan itu gajian perdana April 2016..
      Hampir setahun..

      Tapi boleh di 2015 ga dapat hasil T.T
      Rugi waktu dan perasaan, juga kuota

      Baru awal 2016 yang lumayan earningnya..
      Doakan bisa meningkat gan :D

      Hapus
  2. mantap gan, tingkatkan terus, sekarang mungkin sdh banyak penghasilan GA nya..

    BalasHapus

Posting Komentar