Sayangnya process com.google.process.gapps Telah Berhenti

Cara-Mengatasi-Sayangnya-process-com.google.process.gapps-Telah-Berhenti
Unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped. Jendela peringatan tiba tiba muncul ketika lagi buka whatsapp dan WA pun menutup sendiri. Error ini beberapa kali muncul di android jadulku, Samsung young. Awalnya sih cuek, wajarlah smartphone berumur 7 tahun lebih kalau sering keluar error. Tetapi makin lama kok makin sering, ada virus kah?

Aku sendiri curiga kalau error dikarenakan memori android yang terlalu penuh. Apalagi kita tahu, aplikasi jaman sekarang emang butuh memori dan ruang sistem yang lebih besar.  Penyebab lain mungkin aplikasi terupdate tidak kompatibel dengan android lama.

Daripada semakin bingung, kucoba cari informasi cara mengatasi sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti di internet.

Ternyata bukan cuma di handphone lama saja, masalah ini sering muncul juga pada android baru dan emulator android di PC seperti Nox dan Bluestack. Di beberapa orang, jendela peringatan itu katanya muncul tiap 2 detik.

Dari peringatan tadi, kita tahu bahwa error ada di google.process.gapps. GApps adalah Google Apps, aplikasi bawaan android dari google seperti playstore, hangouts, gmail, google play service dan masih banyak yang bekerja di background.


Berikut ini solusi yang saya ambil dari www.androidpit.com,

1. Muat Ulang Handphone

Ketika ada error, pertolongan yang harus dilakukan adalah reboot. Tujuannya agar sistem kembali fresh, aplikasi yang berjalan cuma yang penting penting saja.

Caranya cukup tekan lalu tahan tombol daya beberapa detik, tunggu opsi muat ulang muncul lalu klik. Tunggu beberapa saat hingga handphone kembali menyala.

2. Menghapus Data dari Aplikasi yang Error

Dalam kasusku, peringatan gapps telah berhenti muncul ketika asyik membuka foto di grup obrolan whatsapp. Karenanya data dan cache whatsapp lah yang nantinya akan kubersihkan.

Buat anda yang lupa, error ini sering muncul saat kita membuka playstore, youtube, chrome, maps, whatsapp dan aplikasi google lainnya. Bisa juga setelah kita menginstall atau mengupdate aplikasi tertentu. Sudah ingat dimana error terjadi?
  1. Masuk ke Pengaturan, scroll ke bawah dan pilih Aplikasi
  2. Cari aplikasi yang bermasalah, pilih aplikasi tersebut
  3. Cari Penyimpanan
  4. Klik Hapus data
Gimana sudah sembuh handphonenya?

3. Menghapus Data dari Google Play Services

Layanan google play ini bisa dibilang aplikasi yang paling vital untuk menjalankan sistem operasi di perangkat. Berperan sebagai paket Application Programming Interface (API) yang memayungi aplikasi yang terpasang di android terutama aplikasi dari google (GApps).

Pada kebanyakan orang, masalah unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped.berhasil diatasi dengan cara ini.
  1. Masuk ke Pengaturan, cari Aplikasi
  2. Scroll hingga mendapatkan Google Play Services (Layanan Google Play)
  3. Klik aplikasi tsb, cari Penyimpanan
  4. Pilih Hapus Data
Buat teman teman yang masih error, kita lanjut ke langkah keempat

4. Menghapus Data Google Services Framework

Aplikasi ini bekerja di background, dengan menghapus datanya berarti kita juga akan menghapus pengaturan dari google play. Tetapi tidak perlu khawatir, nanti kan dapat diatur kembali.
  1. Masuk ke Pengaturan, pilih Aplikasi
  2. Klik Menu (biasanya berbentuk tiga garis menumpuk)
  3. Pilih "Tunjukkan proses sistem", dengan begini aplikasi yang berjalan dibackground akan terlihat
  4. Cari aplikasi Google Services Framework (Kerangka Kerja Layanan Google)
  5. Klik aplikasi tsb, cari Penyimpanan
  6. Pilih Hapus Data
Masih belum pulih seperti sedia kala?

5. Reset App Preferences

Kalau menghapus data dari layanan google masih error, langkah berikutnya adalah menyetel ulang preferensi aplikasi. Langkah ini bertujuan agar semua aplikasi kembali ke pengaturan default tanpa menghapus data yang tersimpan.

Caranya
  • Masuk ke Pengaturan, pilih Aplikasi
  • Klik Menu, pilih Reset App Preferences (Setel ulang preferensi aplikasi)
  • Akan muncul peringatan tapi tetap pilih atur ulang
Sampai disini kalau belum sembuh juga, menurutku solusinya adalah Factory Reset. Kita tidak hanya menyetel ulang pengaturan ke default tapi juga mengembalikan data ke kondisi awal. Semua data baik itu foto, video, aplikasi maupun musik akan terhapus.

Aku pribadi sangat menghindari Factory Reset. Jadi andai handphone mu belum sembuh juga, coba dulu mencari solusinya di Internet (coba bahasa luar). Kali aja ada yang senasib dan share pengalaman mengatasinya.

Untuk menghindari munculnya error ini, aku menguninstall semua aplikasi kurang penting di Samsung Young. Handphone lama sepertinya memang lebih rentan karena memori dan ruang sistem yang terbatas.

Sekian dulu artikel Cara Mengatasi Sayangnya process com.google.process.gapps has stopped Telah Berhenti. Semoga di masa depan, kita semua terhindar dari error yang menjengkelkan ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel