Cara Mengatasinya Panggilan Keluar Dibatasi FDN

fdn nomor dibatasi pin telkomsel
Panggilan dibatasi FDN ? Cuma bisa dipakai menghubungi nomor layanan operator saja? Gimana nih, padahal handphone baru beli dengan sim card baru pula ? Tidak perlu panik karena cara mengatasi masalah ini sangat mudah.

Sebelum membahas solusi panggilan keluar dibatasi oleh FDN pada handphone anda. Pertama kita pahami dulu apa itu FDN ? Mengapa bisa melarang kita menelpon nomor tertentu? Apakah nanti berdampak buruk pada ponsel?

Apa Itu FDN

FDN adalah Fixed Dialling Number yang jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya Nomor Panggilan Tetap.

Merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di handphone dengan kartu GSM. Kita bisa menambahkan nomor nomor tertentu ke dalam daftar Nomor panggilan tetap. Ketika kita melakukan panggilan keluar selain nomor dari daftar tersebut, hasilnya akan muncul pesan "panggilan dibatasi oleh FDN".

Tidak semua nomor bisa dibatasi, nomor darurat misal 112, 911, 999, 000 dan sejenisnya masih bisa dihubungi meskipun tidak ada dalam daftar. Yang perlu diingat FDN itu hanya bisa membatasi panggilan keluar.

Untuk menggunakan/ mengubah pengaturan nomor panggilan tetap, kita harus tahu dulu pin FDN sim card kita. Yang digunakan disini adalah PIN2. Default PIN2 dari kebanyakan operator adalah 0000.

Fitur FDN memang tidak penting bagi kebanyakan orang, tapi ada juga yang membutuhkannya. Contoh,
  • Orang tua yang membatasi ponsel anak, sehingga si anak hanya bisa menghubungi nomor kerabat dekat saja.
  • Perkantoran, agar telepon hanya bisa digunakan untuk kebutuhan kantor. Tidak dipakai untuk keperluan pribadi pegawainya.
Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa solusi masalah panggilan yang dibatasi oleh fdn adalah mengubah pengaturan Fixed Dialling Number dengan PIN2.

Sebelum mengotak atik settingan FDN, saya ingin pastikan dulu. Apakah nomor anda sudah benar benar aktif? Sudah registrasi identitas?

Perlu diingat masalah panggilan dibatasi ini sering terjadi pada nomor baru. Jika belum terdaftar, bisa coba registrasi dulu dengan data No KTP dan KK yang benar, kirim ke 4444.

Kalau sudah registrasi namun masih error, baru coba tips di bawah ini,

Cara Mengatasi Panggilan Dibatasi FDN

Letak pengaturan Fixed Dialling Number ini hampir sama di setiap merk smartphone. Kurang lebih seperti di bawah ini, saya contohkan dengan Huawei y6ii. Untuk semua handphone android seperti xiaomi, oppo dan samsung kurang lebih sama.

1. Masuk Telepon/ Pemanggil, itu lho aplikasi yang dipakai untuk memasukkan nomor lalu telepon.
2. Cari menu More kadang bentuknya tiga garis atau tiga titik.
3. Cari Pengaturan >> Pengaturan Tambahan (jika handphonemu punya 2 SIM, pilihlah pengaturan pada SIM yang ingin diubah)
4. Pilih Panggilan Nomor Tetap (Fixed Dialling Number)
panggilan keluar dibatasi oleh fdn

5. Ubah pengaturan FDN ke nonaktif, masukkan PIN2. Defaultnya adalah 0000 kecuali pernah diubah.

Yang paling penting adalah PIN2, jika memang bukan 0000 maka bisa ditanyakan pin2 yang benar pada gerai operator terdekat di kotamu. Alternatif lain dapat bertanya ke customer service dari operator yang anda pakai (bisa lewat fanspage FB/ Twitter ataupun aplikasi).
Kalau PIN2 yang anda masukkan salah, jangan main tebak tebakan ya ketika memasukkan PIN2. Kalau gagal 3x nanti malah kekunci.
Sekian dulu artikel tentang penggilan keluar dibatasi FDN. Dari pengalaman operator yang sering mengaktifkan fitur Panggilan Nomor Tetap adalah telkomsel. Saat FDN aktif, kita hanya bisa menghubungi nomor operator saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel